Buku Kelas 2 SD Kota Cirebon Ada Kata Tidak Pantas, Buaya Darat, Lelaki Hidung Belang, sampai Cinta Buta

Buku Kelas 2 SD Kota Cirebon Ada Kata Tidak Pantas, Buaya Darat, Lelaki Hidung Belang, sampai Cinta Buta

CIREBON - Buku penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa kelas 2 SD di Kota Cirebon, dipersoalkan Komisi III DPRD.

Ada kata-kata yang dianggap tidak pantas dalam buku itu, seperti buaya darat, hingga lelaki hidung belang. Yang tentunya belum layak jadi konsumsi anak kelas 2 SD.

Sebab, dalam salah satu halaman, memuat kata-kata yang dianggap kurang pantas untuk dibaca dan dikonsumsi oleh anak seusia kelas II SD.

Kata-kata yang tidak pantas itu, adalah anonim atau kiasan kata. Misalnya, buaya darat yang diartikan sebagai penggemar wanita/pembohong.

Kemudian hidung belang yang diartikan laki-laki suka selingkuh, dan beberapa kiasan kata lainnya yang dianggap kontroversi.

Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon, Fitrah Malik mengungkapkan, pihaknya sudah mengecek di beberapa sekolah terkait keberadaan buku yang di dalamnya memuat kata kontroversi.

Menurutnya, memang fakta, sebagian besar buku tersebut sudah beredar ke sekolah dasar di Kota Cirebon.

“Intinya di salah satu halaman. Buku itu memuat kata-kata yang tidak patut dibaca anak kelas II SD,” ungkapnya.

Menyikapi hal ini, dia meminta kepada Dinas Pendidikan untuk menarik buku-buku tersebut. Menegur dan memberikan tindakan agar para guru segera menarik buku-buku tersebut dari anak-anak.

“Sekaligus ini menjadi pelajaran bagi disdik dan sekolah, agar memverifikasi kalau ada buku-buku, LKS, dan bahan ajar lainnya, diteliti dulu, baik itu sebelum cetak maupun ketika akan diedarkan kepada para siswa,” ungkap Fitrah, kepada wartawan.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: